RPP Tentang konflik sosial dan mobilitas sosial, KELAS XI Smt 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA BETHARA KALA
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas / semester : XI IPS/ 1
Alokasi waktu : 12 x 45 menit
Standar kompetensi : Menjelaskan  bentuk-bentuk   struktur sosial   dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
Indikator :
  • Mendefinisikan konflik sosial
  • Mengidentifikasi jenis-jenis konflik sosial
  • Mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
  • Mendeskripsikan dampak terjadinya konflik
  • Mendeskripsikan pengendalian konflik
  • Mendeskripsikan integrasi sosial

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian konflik sosial
  2. Siswa dapat mengidentifikasijenis-jeniskonfliksosial
  3. Siswa dapat mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
  4. Siswa dapat mendeskripsikan dampak terjadinya konflik
  5. Siswa dapat mendeskripsikan integrasi sosial

B. Materi Pokok / Pembelajaran

  • Konflik Sosial

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, problem solving,  jigsaw, role playing

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 JP)                           

2. Kegiatan Awal (5’)

  • Menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yaitu mendefinisikan konflik sosial
  • Memotivasi supaya siswa mengetahui lebih lanjut tentang konflik sosial

2. Kegiatan Inti (30’)

Eksplorasi

  • Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi konflik sosial menurut beberapa tokoh, yaitu: Soerjono Soekanto, Lewis A Coser, Ralf Dahrendorf, Robert MZ Lawang,
  • Setiap kelompok memberikan beberapa  contoh kasus untuk tiap definisi

Elaborasi

  • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi konflik sosial
  • Kelompok lain memperhatikan apa yang dikemukakan kelompok lain dalam presentasi

Konfirmasi

  •  Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang masih kurang dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan
  • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
  • Pertemuan 2 (2 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mempersiapkan kesiapan siswa dalam kelas
  • Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang definisi konflik sosial.

2. Kegiatan Inti (70’)

Eksplorasi

  • Siswa secara berkelompok mendiskusikan jenis-jenis konflik sosial untuk membuat suatu performans berupa parodi atau drama singkat
  • Kelompok 1 mengkaji tentang konflik pribadi
  • Kelompok 2 mengkaji tentang konflik rasial
  • Kelompok 3 mengkaji tentang konflik politik
  • Kelompok 4 mengkaji tentang konflik internasional
  • Kelompok 5 mengkaji tentang konflik vertikal
  • Kelompok 6 mengkaji tentang konflik horizontal
  • Kelompok 7 mengkaji tentang konflik destruktif

Elaborasi

  • Beberapa kelompok mempresentasikan materi melalui adegan drama singkat atau parodi tentang konflik sosial
  • Kelompok lain memperhatikan materi presentasi

Konfirmasi

  • Guru memberikan penegasan tentang jenis-jenis konflik yang diparodikan
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan
  • Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
  • Memberi kesempatan bagi beberapa siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 3 (1 JP)

1. Kegiatan Awal (5’)

  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang jenis-jenis konflik sosial
  • Menjelaskan tentang tujuan pembelajara  yaitu tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat

2. Kegiatan Inti (30’)

Eksplorasi

  •  Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
  • Masing-masing kelompok memberikan contoh  kasus sebab-sebab konflik dalam masyarakat

Elaborasi

  • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
    kelompok lain memperhatikan materi presentasi

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  •  Kelompok yang menjawab dengan kurang tepat, diberi kesempatan untuk memperbaiki jawabannya

3. KegiatanAkhir (10’)

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Guru dan siswa bersama-sama  menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 4 (3 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sebab-sebab konflik sosial
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang dampak terjadinya konflik sosial

2. Kegiatan Inti (115’)

Eksplorasi

  • Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
  • Masing-masing kelompok mengkaji tentang dampak konflik sosial dengan membuat adegan drama singkat atau parodi

Elaborasi

  • Masing-masing kelompok menampilkan parodi atau drama singkat
  • Kelompok lain memperhatikan materi performans

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang kurang tepat dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang menjawab kurang tepat diberi kesempatan untuk memperbaiki jawaban tersebut

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Memberikan beberapa butir soal kepada siswa untuk dikerjakan secara singkat
  • Memberi kesempatan beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 5 (3 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang dampak terjadinya konflik
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang pengendalian konflik

2. Kegiatan Inti (115’

Eksplorasi

  • Siswa dibagi kedalam 3  kelompok
  • Masing-masing kelompok mengkaji tentang pengendalian konflik yaitu: arbitrasi, mediasi dan konsiliasi

Elaborasi

  • Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
  • Kelompok lain memperhatikan materi diskusi dan memberikan tanggapan

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa
  • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 6 (3 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Guru memberikan  pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang dampak pengendalian konflik
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang integrasi sosial

2. Kegiatan Inti (115’)

Eksplorasi

  • Siswa dibagi kedalam 3 kelompok
  • Masing-masing kelompok mengkaji tentang definisi integrasi sosial, asimilasi dan akulturasi

Elaborasi

  • Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
  • Kelompok lain memperhatikan materi diskusi dan memberikan tanggapan

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Memberikan kesempatan bagi beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

E.  Alat, bahan dan sumber belajar

  •  Buku paket sosiologi SMA kelas X (Pusat Perbukuan) Departemen Pendidikan Nasional th.2009
  • Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
  • Sumber dari artikel, internet dan media massa yang relevan

F. Penilaian

  1. Apakah  yang dimaksud dengankonflik sosial?
  2. Apakah  yang dimaksud dengankonflik rasial?
  3. Apakah definisi konflik menurut  Ralf Dahrendorf?
  4. Jelaskan perbedaan antara mediasi dan arbitrasi!
  5. Jelaskan perbedaan antara konflik vertikal dan konflik horizontal!
  6. Deskripsikan dampak-dampak konflik sosial !
  7. Deskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik!
  8. Apakah  yang  dimaksud dengan integrasi sosial
  9. Jelaskan  perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?
  10. Apakah yang dimaksud dengan konsiliasi?

a. Jenis tagihan     : soal esai
b. Bentuk instrumen  : uraian

Suka Sari, 27Desember 2011

Mengetahui

KepalaSekolah                                                  Guru Mata Pelajaran

R.Joyo Sentoso. M.pd                                    A. Nurur Rokhim, SPd.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: