RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XI-1 ( Mobilitas sosial)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SatuanPendidikan : SMA BETHARA KALA
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas / semester : XI IPS/ 1
Alokasiwaktu : 15 x 45 menit
Standar kompetensi : Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensi nya terhadap konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
Indikator :
  • Mendeskripsikan definisi mobilitas sosial
  • Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas sosial
  • Mendeskripsikan prinsip umum mobilitas sosial vertikal
  • Mendeskripsikan saluran mobilitas sosial

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mendeskripsikan definisi mobilitas sosial
  2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas sosial
  3. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip umum mobilitas sosial vertikal
  4. Siswa dapat mendeskripsikan saluran mobilitas sosial

B. Materi Pokok / Pembelajaran

Mobilitas sosial

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, role play, jigsaw

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 JP)

1. Kegiatan Awal (5’)

  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konflik sosial
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu mendiskusikan tentang definisi mobilitas sosial

2. Kegiatan Inti (30’)

Eksplorasi

  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
  •  Masing-masing kelompok mengkaji tentang definisi mobilitas sosial
  • Beberapa kelompok mempresentasikan tentang definisi mobilitas sosial

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok

3. Kegiatan Akhir (5’)

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Guru dan siswa bersama-sama siswa menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (2 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu definisi mobilitas sosial
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang jenis-jenis mobilitas sosial

2. Kegiatan Inti (115’)

Eksplorasi

  • Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
  • Kelompok 1 membahas tentang mobilitas sosial horizontal
  • Kelompok 2 membahas tentang mobilitas sosial horizontal intra generasi
  • Kelompok 3 membahas tentang mobilitas sosial horizontal antar generasi
  • Kelompok 4 membahas tentang mobilitas sosialvertikal
  • Kelompok 5 membahas tentang mobilitas sosial vertikal intragenerasi
  • Kelompok 6 membahas tentang mobilitas sosial vertikal antargenerasi

Elaborasi

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang belum tepat

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan
  • Memberikan pertanyaan atau soal secara tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa

Pertemuan 3 (3 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu jenis-jenis mobilitas sosial
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendiskusikan tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal

2. Kegiatan Inti (115’)

Eksplorasi

  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
  • Masing-masing kelompok mediskusikan tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal diantaranya:
  •  Hampir tidak ada masyarakat yang sistem lapisannya mutlak tertutup.
  •   Betapapun terbukanya sistem lapisan dalam suatu masyarakat, tak mungkin gerak sosial yang vertikal dilakukan dengan sebebas-bebasnya
  • Gerak sosial yang umum berlaku bagi semua masyarakat
  •  Faktor-faktor laju gerak sosial yang vertikal disebabkan oleh
  • Dalam mobilitas sosial yang disebabkan oleh faktor ekonomis, politik dan pekerjaan, tidak ada kecenderungan yang kontinu perihal bertambah atau berkurangnya laju gerak sosial

           Elaborasi

  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
  • Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan

Konfirmasi

  •  Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
  • Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 4 (3 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang saluran mobilitas sosial vertikal

2. Kegiatan Inti (115’)

Eksplorasi

  • Siswa dibagi menjadi 7 kelompok
  • Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang saluran mobilitas sosial vertikal
  • Kelompok 1 mendiskusikan tentang angkatan bersenjata
  • Kelompok 2 mendiskusikan tentang lembaga lembaga keagamaan
  • Kelompok 3 mendiskusikan tentang lembaga pendidikan
  • Kelompok 4 mendiskusikan tentang organisasi politik
  • Kelompok 5 mendiskusikan tentang organisasi ekonomi
  • Kelompok 6 mendiskusikan tentang organisasi keahlian
  • Kelompok 7 mendiskusikan tentang perkawinan

Elaborasi

  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
  • Kelompok lain menanggapidengan memberikan pernyataan dan sanggahan

Konfirmasi

  • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
  • Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

E.Alat, bahan dan sumber belajar

  • Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
  • Sumber dari artikel, internet  dan bahan lain yang relevan

F.Penilaian

Penilaian  Performans

  • Performans  tentang  mobilitas  sosial
  • Aspek  yang  dinilai:
    • Kecakapan akademis
    • Kecakapan sosial
    • Pedoman penskoran:

No.

Aspek Yang Dinilai

Kriteria

1.

1.    Kecakapan akademis

  • Penguasaan materi
Skor 5, jika penguasaan materi sangat baikSkor 4, jika penguasaan materi baikSkor 3, jika penguasaan materi sedangSkor 2, jika penguasaan materi kurang

Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang

  • Pengembangan konsep
Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baikSkor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baikSkor 3, jika cukup pengembangan konsepnyaSkor 2, jika kurang pengembangan konsepnya

Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya

2.

Kecakapan sosial

  • Penghayatan peran
Skor 5, jika penghayatan peran sangat baikSkor 4, jika penghayatan peran baikSkor 3, jika penghayatan peran cukupSkor 2, jika penghayatan peran kurang

Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang

  • Intonasi suara
Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilanSkor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilanSkor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilanSkor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan

Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan

  • Ekspresi
Skor 5, jika ekspresi sangat baikSkor 4, jika ekspresi baikSkor 3, jika ekspresi cukupSkor 2, jika ekspresi kelompok kurang

Skor 1, jika ekspresi sangat kurang

 


 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG MOBILITAS SOSIAL

No.

Aspek Yang Dinilai

Nama

Siswa

Kecakapan Akademis

Kecakapan Sosial

Penguasaan Konsep

Pengembangan Konsep

Penghayatan peran

Intonasi suara

ekspresi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Suka Sari, 27Desember 2011

Mengetahui

KepalaSekolah                                                                                  Guru Mata Pelajaran

R. Joyo Sentoso, MPd.                                                                   A. Nurur Rokhim, S.Pd.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: