KONSEP EVALUASI PEMBELAJARAN

Konsep dasar evaluasi pembelajran

Pengertian evaluasi menurut dari beberapa tokoh

  1. Stark & Thomas, 1994: 12 dalam komitee Studi Nasional tentang evaluasi menyatakan bahwa evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan pemilihan, pengmpulan, analisis dan penyajian informasi yg dapat digunkan sebagai dasr pengambilan keputusan serta penyusunan program selanjutnya.
  2. Brinkerhoff ( 1986: ix) mejelaskan bhwa evaluasi merupakan proses yg menentukan sejauh mana tujuan pendidikan  dapat dicapai. Msih menurutnya dalam pelaksanaan evaluasi ada tujuh elemen yg harus dilakukan, yaitu 1. Penentuan focus yg akan dievaluasi ( focusing the evaluation), 2. Penyusuna desain evluasi ( designing the evaluation), 3 pengumpulan informasi ( collection information) 4. Analisis dan interpretasi informasi ( analizying and interpretating) 5.pembuatan laporan ( reporting information) 6. Pengelolaan evaluasi ( managing evaluation) 7. Dan evaluasi untuk evaluasi ( evaluating evaluation).

Dalam pengertian tersebut mennunjukkan bhwa dalam mlakukan evaluasi , evaluator pada tahap awal harus menentukan focus yang akan dievaluasi dan disai yg akan digankan. Stelah itu dilakukan pengumpulan data, menganalisis dan membuat interpretasi terhadap data yg terkumpul serta membuat laporan. Evaluator juga harus melakukan pengaturan trrhdap evaluasi dan mengevaluasi apa yg telah dilakukan dlm melakukan dalm melaksankn evaluasi secara keseluruhan.

  1. Stufflebeam dan shinkfield ( 1985: 159) menyatakan bahwa evalusi adalh proses menyediakan informasi yg dapat dijadiakn sbg pertimabnagn untuk memenuakan harga dan jasa ( the worth and merit) dari tujuan yg dicapai , deasin , implementasi dan dampak untuk membantu membuat keputusan , membuat pertanggung jawaban dan meningkatkan pemahaman terhadap fenomeana. Sehingga evaluasi digunakan untuk membantu membuat keputusan.

Dari pengertian beberapa tokoh tersebut dapat dikatakan bhwa evaluasi adalah suatu proses yg sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, menanalisis, mnyajikan dan menginterpretasikan infomasi guna membuat keputusan  atau kebijakan.

Evaluasi dapat dilakukan dengan tahapn seperti berikut

  1. Menentukan tujuan, dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan ato pernyataan, misalnya apakah strategi pembelajaran yg dipilih oleh guru
  2. Menentukan desain evaluasi, mencakup rencana evaluasi proses dan pelaksana evaluasi
  3. Penyusnan instrument penelitian, untuk memperoleh informasi , missal  kuesioner  untuk para siswa
  4. Pengumpulan data,,,dilaksakan pada akhir pelaksanaan pembelajaran,,
  5. Analisis dan interpretasi , dilaksanakan  segera setelah data atau informasi terkumpul
  6. Tindak lanjut, menindaklanjuti hasil analisis dan interpretasi

Jika dihubungkn dengan pelajaran soss-ant,tentunya evaluasi memeliki peranan yg sangat penting bagi para penddik . hal itu mengingat sos-ant merupakn ilmu yg relative baru sehingga para peserta didik masih sangat awam. Dengan banyak teori2 yg ada didalamnya biasanya akan membuat siswa lebih jenuh dalam kegiatan pembelajran. Karena itu para pendidik dapat mengukan kegiatan evaluasi untuk membuat kegiatan pembelajaran materi sos-ant dapat lebih menyenagkan, sehingga siswa dapat lebih tertaik saat kbm berlangsung. Mungkin dengan cara merevisi proses kbm sebelumnya yg dirasa tidak sesuai dengan harapan , baik oleh siswa atau pendidik itu sendiri.

Dari berbagai konsep evaluasi yng diutarakan oleh par tokoh, saya rasa konsep yng diutarakan oleh Brinkerhoff yg lebih cocok digunakan dalam ilmu sos-ant. Hal itu karena evaluasi menurutnya lebih ditekankan pada pencapaian tujuan pendidkan. Sedangkan konsep yg lain terlihat masih sangat umum walaupun memngandung inti yg sama. Di samping itu pula konsep evaluasi menurut Brinkerhoff menyajikan proses evaluasi yng lebih sistematis sehingga jika diterpkan dalam pembeljaran sos-ant akan jauh lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: