Contoh RPP Konvensional

Contoh RPP konvensional

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH : SMA…….
MATA PELAJARAN : Sosiologi
KELAS / PROGRAM : X ( sepuluh )
SEMESTER : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
INDIKATOR : Mendefinisikan sosialisasi dan pembentukan
kepribadian
Mengidentifikasikan faktor– faktor pembentukan kepribadian
Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian
ALOKASI WAKTU : 12 jam x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa mengetahui sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian sosialisasi
2. Macam – macam sosialisasi
3. Macam – macam media sosialisasi
4. Korelasi antara sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
5. Faktor – faktor pembentuk kepribadian
6. Perkembangan kepribadian, macam – macam kepribadian, korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial dalam masyarakat.

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Tanya Jawab
2. Penugasan Individu
3. Ceramah



D. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1. Kegiatan Awal :
a. Memeriksa kehadiran siswa, kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b. Siswa diberikan penjelasan keterkaitan nilai, norma dan kepribadian dengan materi sebelumnya yaitu nilai dan norma sosial.
c. Siswa diberikan penjelasan tentang pengertian kepribadian.

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa diberikan penjelasan tentang macam – macam media sosialisasi dan jenis sosialisasi
b. Siswa diberikan penjelasan tentang korelasi sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
c. Siswa diberikan penjelasan tentang faktor – faktor pembentuk kepribadian
d. Siswa diberikan penjelasan tentang perkembangan kepribadian dan macam – macam kepribadian
e. Siswa diberikan penjelasan tentang korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial

3. Kegiatan Akhir :
a. Siswa dan guru melakukan refleksi
b. Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E. SUMBER PEMBELAJARAN :
1. Buku materi sosiologi kelas x
2. Buku LKS untuk siswa
3. Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990

F. PENILAIAN :
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : tes uraian
3. Soal Instrumen :
1) Jelaskan pengertian sosialisasi dan kaitannya dengan pembentukan kepribadian !
2) Jelaskan faktor – faktor pembentuk kepribadian !
3) Jelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian !
4) Jelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian

Kendal, 01 Juni 2009
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                                            Guru Bidang Studi

Sigit Rahardja, S.Si                                                                      Akhmad Nurur Rokhim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: